Senin, 02 Agustus 2010

Solo

Kota Solo terletak di sebelah timur Yogyakarta dengan jarak sekitar 60 km. Kota ini merupakan kota terbesar ke-2 di Propinsi Jawa Tengah setelah Semarang. Yogyakarta, Solo dan Semarang sering dikenal dengan singkatan Joglosemar.
Sebagai kota besar ke-2, Solo dilengkapi dengan fasilitas transportasi yang mencukupi, mulai dari bus, kereta api hingga pesawat terbang.
Perjalanan darat ke Solo dari Jogja memakan waktu sekitar 1,5  s.d 2 jam tergantung tingkat kesibukan jalan. Sementara itu bila kita melakukan perjalanan darat dari Semarang ke Solo, maka akan memerlukan waktu sekitar 2 s.d 2,5 jam.
Kota Solo seperti Jogja juga masih menyimpan pesona budaya dengan adanya kasunanan yang sampai sekarang masih dipertahankan keberadaannya walaupun sang raja (sunan) tidak merangkap jabatan seperti di Jogjakarta.
Beberapa lokasi wisata menarik di Kota Solo selain area kasunanan adalah pasar klewer, benteng wisata, kali bengawan, dan lain-lain.
Waktu aku masih bertugas di Semarang, tidak jarang aku berkunjung ke Solo untuk keperluan tugas.
Pada tahun 2010, Solo hampir dibilang sudah tidak kukunjungi lagi untuk keperluan dinas. Namun begitu setiap minggu kereta api yang membawaku ke Surabaya selalu melewatinya. Aku berharap semoga aku dapat segera mengunjungi Solo lagi untuk keperluan tugas seperti dahulu kala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar